Translate

Rabu, 16 April 2014

Postingan Tertunda : Filsafat Cinta CS. Lewis

"Jika dalam batas rasionalku cinta itu tidak ada, maka boleh benar cinta itu bertindak irrasional"

Soal Rasa..
Kajian eksentrik tentang rasa..atau kajian yang hanya sensitifitas org yang bisa mengatai..saya yakin semua nama pasti ada penjelsannya, begitupun dengan kata...setiap kata (yang pastinya punya sejarah yang rumit) pasti beralasan..sama halnya dengan rasa... bisa saya katakan, kalau rasa itu tergantung persepsi orang, tergantung orang mendefinisikannya, atau memaknai, atau yg me'rasa'kan rasa itu sendiri.. dalam kajian filsafat, rasa termasuk dalam kajian aksiologi, estetika, bagaimana penilaian seseorang ttg indah buruk, cantik jelek, dan sejenisnya... tapi rasa, entah itu di indentikkan dengan cinta (yang sya pun masih ragu, dalam realitas barang ini tentu tidak ada) ataupun kasihsayang (sy cenderung sepakat dgn ini)..

Mungkin dengan contoh ini bisa sedikit mencerahakan (hanya upaya, walaupun sy jg msh kurang);

Sebenarnya saya sangat tertarik dalam pembahasan CS.Lewis tentang four loves; eros, philia, agape, storge. Dalam penjelesannya, katanya Yesus menanyakan ke slah satu muridnya, tentang kasihnya, dengan ucapan cintanya yang beda setiap kali diucapkan... menarik sekali...
Bahwa jauh sebelum ini, saya berpikir kalau cinta sesama makhluk itu tidak ada, karena kalau tidak didasari hawa nafsu, ya apalagi, hampir semua berbau kepentingan.. maka pada saat itu, sy berkesimpulan bahwa, cinta itu agung, hanya ADA antara pencipta dan ciptaan, tidak lebih...
Namun juga memungkinan ada betulnya, misalnya jika istilah cinta dalam yunani dibagi menurut kondisinya...

Penjelasan menurut teologi katolik mungkin seperti ini :
"Menurut Paus Benediktus XVI, eros adalah kasih antara pria dan wanita di mana kasih tersebut tidak direncanakan ataupun diinginkan, namun sepertinya tertanam di dalam diri manusia itu. Sedangkan philia adalah kasih persahabatan yang sering dipakai untuk menggambarkan kasih antara Kristus dan para murid-Nya, dan agape adalah kasih menurut pengertian Kristiani (lih. DCe, 3), yang mengacu kepada kasih yang rela berkorban (lih. DCe, 7).dalam perikop Yoh 21:15-19. Di sana Yesus bertanya sebanyak tiga kali kepada Rasul Petrus, “Apakah engkau mengasihi Aku?” Pertanyaan Yesus yang pertama dan kedua menggunakan kataagape, Apakah engkau mengasihi (agapo) Aku? Namun Petrus selalu menjawabnya dengan, “….Engkau tahu bahwa aku mengasihi (philieo) Engkau”. Yang ketiga kalinya, Yesus bertanya, “Apakah engkau mangasihi (phileo) Aku?” Dan Petrus menjawab, “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi (phileo) Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” (Yoh 21:17). (Sumber: Katolisitas.org)

Menurut Wikipedia :
Penggunaan istilah cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
  • Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
  • Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
  • Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
  • Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme,  

Afeksi berasal dari bahasa Yunani storge. Storge mulanya merupakan gambaran tentang cinta afeksi dari orang tua terhadap anak dan cinta anak terhadap orang tua. Sebab, pada dasarnya, afeksi tidak muncul dari apresiasi, tetapi afeksi memimpin kepada apresiasi. Afeksi adalah elemen dasar dalam cinta eros.

Tulisan ini masih dalam bentuk draft semenjak 24 Maret 2012.
Mubasir kalau tidak diposting. Hehe

Tambahan oleh editor.
Silahkan mendefinisikan cinta itu menurut pemahaman dan pengalaman anda dalm ber'cinta'.
Motivator Mario Teguh pun punya pendapat yang sama dgn CS. Lewis, mengelompokkan cinta secara kondisional.
Namun saya tidak. Dan saya punya alasan tersendiri berpendapat demikian. :P
Jika ingin berdiskusi lanjut, contact twitter @aldjapari :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar