Translate

Senin, 10 September 2012

The IRON STOCK'


Mahasiswa sebagai bagian dalam masyarakat utuh, mempunyai nilai dan cita-cita luhur sebagai pengabdi bangsa. Sebuah konsep masyarakat madani, tentu dapat terwujud apabila segala perangkat didalamnya berfungsi secara maksimal dan menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada. Seiring bergesernya pola hidup pasca modernitas, nilai-nilai kebaikan luhur semakin bergeser sesuai kebutuhan dan kepentingan invidu. Hal ini disebabkan oleh banyak pengaruh, seperti halnya tadi, pop culture, tren dan sikap invidualistik menggerogoti zaman pemakan manusia ini. dalam konteks masyarakat, mahasiswa dituntut agar dapat berpikir netral, dalam artian, mahasiswa belum mempunyai kepentingan pribadi yang begitu besar, sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat yang tak tersampaikan.

Kondisi bangsa saat ini tak mempunyai kiblat yang jelas, pancasila yang mempunyai makna filosofis yang pragmatis tak mampu membendung segala hantaman peradaban serta politik kepentingan global. Ketika kondisi bangsa terus seperti ini, kemudian tidak dibarengi dengan penguatan internal, maka secara visioner, bangsa ini akan hancur oleh peradaban itu sendiri. 

Penguatan internal kebangsaan yang dimaksud adalah dengan pendidikan, budaya serta kemandirian dalam segala hal. Politik isolasi memang perlu, jika ada keberanian untuk itu. Lantas? 10-30 tahun kedepan siapakah yang akan memegang peranan penting dalam majunya bangsa ini. Sudah ada bayangan negara ini 30 tahun kedepan jika melihat realitas pemuda dan kemahasiswaan saat ini?

Apakah mampu the iron stock dengan segala kelakuan dan karakternya saat ini menbentengi semangat kearifan lokal dan majunya perdaban masyarakat Indonesia kedepan?

Jawabannya kita lihat pada, (1) buku apa yang dibacanya, (2) siapa teman bergaulnya, (3) bergabung dalam organisasi apa mereka, dan (4) seperti apa social responsibility-nya..

Mahasiswa harus KRITIS, ANALITIS, RASIONAL, & SOLUTIF.

13473350341507496890

Mahasiswa juga harus sedikit “nakal”, pembangkangan serta independensi adalah harga mati untuk sebuah perubahan. aL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar